7 TIPS KESEHATAN

1. Batas maksimal kadar kolesterol yang dianjurkan adalah di bawah 200. Total kolesterol di atas 230 sudah dianggap tinggi dan berpotensi menimbulkan stroke atau serangan jantung. Setelah melewati usia 20 tahun, kita disarankan memeriksakan kadar kolesterol sedikitnya lima tahun sekali.

2. Dibandingkan laki-laki, perempuan yang rutin "minum", punya konsentrasi alkohol lebih tinggi dalam darah. Ini karena tubuh cewek lebih banyak mengandung lemak dan lebih sedikit air daripada cowok. Cewek juga punya lebih sedikit enzim pengolah alkohol, sehingga lebih riskan terkena gangguan lever.

3. PMS (biasanya berupa sakit pada payudara, kram perut, depresi berlebihan, sakit kepala, dll) yang menyerang perempuan usia produktif, bisa dikurangi dengan beberapa treatments. Misalnya merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Olahraga rutin, mengurangi kafein, alkohol dan makanan bergaram. Akan lebih efektif lagi kalau diawasi oleh dokter ahli.

4. Bukan gula atau pemanis yang menyebabkan gigi berlubang, tapi berapa lama gula atau pemanis itu ada di mulut? Bakteri di mulut suka banget sama yang namanya sisa makanan. Bakteri-bakteri itu memakan sisa makanan plus mengeluarkan asam yang mengikis lapisan gigi. Pilih permen yang sugar-free untuk membersihkan mulut dan meningkatkan produksi salva (air liur) untk mengirangi asam.

5. Rokok menyebabkan resiko terkena 14 jenis kanker. Mulai dari kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, sampai kanker-kanker lain yang menyerang saluran pernapasan, pencernaan, pembuangan, dan organ reproduksi.

6. Antibiotik adalah jenis obat yang dibuat dari bahan-bahan natural (jamur dan bakteri baik) dan digunakan untuk menyembuhkan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti misalnya TBC. Tapi hati-hati!! Penggunaan yang nggak sesuai dosis bisa bikin beberapa bakteri kebal, juga merusak ginjal.

7. Radiasi ultraviolet (UV) adalah musuh kesehatan kulit karena menyebabkan keriput dini, infeksi atau kelainan pada kulit sampai kanker kulit. Tapi masing-masing jenis UV punya tingkat bahaya yang berbeda. Radiasi sinar ultraviolet C (UVC) diserap oleh lapisan ozon sehingga nggak mempengaruhi kulit kita. Walau begitu hindar bahan-bahan yang mengandung UVC seperti mercuri. Sedangkan UVB dan UVA juga mempunyai efek yang beda. Tetapi diyakini sebagai radiasi yang paling berbahaya, karena lebih cepat masuk menembus kulit. Hindari terkena sinar matahari antara jam 10 pagi-2 siang untuk menghindari UVB.

0 komentar:

ClixMX.com


IndoBanner Exchanges