MIE dan KESEHATAN

Suka makan mie? Mungkin hampir tiap orang pernah meng-konsumsi yang nama nya mie itu. Selain rasanya yang enak juga cara memasaknya yang mudah dan praktis, so kadang bagi yang buru-buru karena satu keperluan dan biasa tidak sempat sarapan nasi, maka mie menjadi alternatif untuk sarapan. Tapi apakah sehat mengkonsumsi mie itu?

Menurut Ir. Marzuki Iskandar, MTP, ahli gizi dari Akademi Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta, mie merupakan sumber karbohidrat. Mengkonsumsi mie sebanyak 100 gram energinya sekitar 400 kalori yang bisa memenuhi kebutuhan energi total orang dewasa sekitar 2000 kalori per hari.

Serat yang terkandung didalam mie yaitu sedikit protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor dan Fe).

Mie secara garis besar sangat kurang mengandung serat, jadi jika suka makan mie agar tetap memperoleh asupan gizi yang cukup sebaiknya ditambahkan telur, sayur, bakso dsb.

Menurut dr. Asti, dokter spesialis gizi Hang Lekiu Media Center Jakarta Selatan, sebaiknya anak-anak jangan terlalu banyak mengkonsumsi mie instant, karena instan biasanya banyak mengandung natrium (terdapat pula pada produk instan lain dan fast food), yang merupakan sumber penyakit hipertensi.Anak-anak sebaiknya dibatasi konsumsi mie instan setidaknya satu minggu sekali dan perlu ditambahkan bahan makanan lain yang mengandung protein, vitamin dan mineral.

Sedang untuk orang dewasa mie juga sebaiknya dibatasi untuk dikonsumsi terutama mie instant, karena serat yang terkandung dalam mie sangat sedikit dan bahkan tidak ada.

Nah tidak hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Tetapi memilih mie yang sehat adalah faktor utama juga agar bisa memperoleh manfaat dari meng-konsumsi mie tersebut. Berikut beberapa tips untuk mengenal Mie yang sehat dan aman :

a. Cium aroma mie, jika beraroma tajam dan menyengat berarti mengandung formalin
b. Saat merebus mie uap yang keluar akan terasa perih dimata jika mengandung formalin
c. Jika warna mie mencolok dan saat dicuci atau direbus tidak berubah warna diduga mie tersebut ditambah pewarna sintetis.

Nah semoga tips ini bisa membantu Anda yang suka mengkonsumsi mie tanpa kehilangan dari asupan gizi yang bisa diperoleh saat meng-konsumsi mie.



sumber : http://tonijauhari.blogspot.com/2008/03/mie-dan-kesehatan.html

2 komentar:

Toni Blog mengatakan...

thank cantumin sumbernya :)

infogue mengatakan...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/mie_dan_kesehatan

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

ClixMX.com


IndoBanner Exchanges